/* pop up di hapus */

Hukum Cebok dengan Tissue

Bagaimanakah Hukum Cebok dengan tissue? Abina KHM. Ihya' Ulumiddin menjawab.
Istinja' yang asli harus dengan air seperti sebuah hadits riwayat Anas ra yang artinya: "Pernah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam hendak masuk ke kakus, (melihat itu) aku bersama teman sebayaku segera datang kepada Beliau dengan membawa setimba air dan tongkat " Muttafaq Alaihi.
Kendati demikian juga diperbolehkan beristinja' dengan batu berdasarkan hadits riwayat Salman Al Farisi:
لَقَدْ نَهَانَا النَّبِيُّ صَلَّي اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ نَسْتَنْجِيَ بِأَقَلَّ مِـنْ ثَلاَ ثَةِ أَحْجَارٍ وَأَنْ نَسْتَنْجِيَ بِرَجِيْعٍ أَوْ عَظْمٍ

"Sungguh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam telah melarang kami beristinja' dengan lebih sedikit dari tiga batu. (Beliau juga melarang) kami beristinja' dengan kotoran hewan atau tulang" HR Muslim.

Atas dasar inilah Imam Nawawi mengatakan bahwa beristinja' dengan air lebih utama daripada dengan batu. Tetapi akan lebih utama keduanya dikumpulkan, artinya terlebih dahulu menggunakan batu lalu dengan air.

hukum cebok dengan tissue

Selanjutnya para ulama sepakat bahwa segala benda padat yang suci dan bisa mengangkat najis serta tidak dimuliakan (Muhtaram) hukumnya sama dengan batu yaitu sama–sama boleh dipakai beristinja'. Baik benda padat itu berupa bebatuan, kayu, kain ataupun yang lain. Dan kita diperbolehkan memakai satu jenis atau tiga jenis tersebut sekaligus. Semisal pertama memakai batu dan kedua memakai kain atau sebaliknya. (Lihat Fathul Allaam syarah I'lam Bi Hadits Ahkam milik Syekh Zakariyya Al Anshor : 108–110).

Pemahaman ini (boleh istinja' dengan selain batu) berangkat dari masalah penggunaan batu yang sifatnya untuk membersihkan (Inqo'), bukan bersifat harus tunduk dan patuh (Ta'abbudi) seperti yang dipahami oleh Imam Malik. Jika bersitinja' dengan batu bersifat Ta'abbudi maka tidak ada qiyas dalam hal ini. Maknanya tidak boleh beristinja' dengan selain batu.
Share on Google Plus

About Ma'had Al Inshof Al Islami

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar